Breaking News

Jumat, 02 November 2012

Idul Adha-nya Borschar



Borschar – (27/10/12) Semarak Idul Adha bergelora di penjuru Borschar. Aktivitas untuk mengagungkan kebesaran Allah SWT sudah dimulai sejak Kamis malam (25/10/12), dengan semangat menggemakan takbir. Para anggota Britafia dan Ta’mir Masjid Baiturrohmah pun juga mulai menyiapkan lapangan guna pelaksanaan sholat Ied.


Sekitar pukul 03.30 dini hari, suasana religi semkin terasa. Seluruh santri sudah mempersiapkan diri untuk menunaikan sholat Tahajud dan dilanjutkan dengan sholat Shubuh di masjid. Dengan pakaian serba putih mereka berbondong-bondong menuju ke masjid. Suasana sholat Tahajud dan sholat Shubuh begitu khusyuk. Usai sholat Shubuh, Ustadz Muhdi memberikan pengarahan mengenai pelaksanaan sholat Ied. Setelah itu seluruh santri mulai berjalan menuju Lapangan Darul Anshor guna menunaikan sholat Ied.

Sebelum sholat Ied dimulai, Ustadz Wawan mengumumkan jumlah kurban yang masuk melalui LPI Ar-Rohmah Malang. Tahun ini jumlah kurban LPI Ar-Rohmah Malang adalah 50 ekor kambing dan 5 ekor sapi.



Sholat Ied pun akhirnya dimulai. Yang bertindak sebagai imam sekaligus khotib pada pelaksanaan sholat Ied kali ini adalah Ustadz Moh. Muhdi. Suasana sholat Ied begitu khusyuk dan khidmat. Usai sholat Ied, Ustadz Muhdi memberikan khotbah. Khotbah beliau secara garis besar mengenai makna dari kurban yang mencakup segala aspek kehidupan. Setelah pelaksanaan sholat Ied, seluruh santri menuju ruang makan untuk sarapan pagi.



Sekitar pukul 08.00, penyembelihan hewan kurban dimulai. Satu per satu kambing dan sapi disembelih untuk selanjutnya dibagikan kepada yang berhak. Suasana kekeluargaan sangat terasa. Seluruh komponen LPI Ar-Rohmah gotong royong dalam prosesi penyembelihan hewan kurban. Mulai dari menyembelih hingga pemotongan hewan kurban untuk dibagikan kepada yang berhak pada hari Sabtu (27/10/2012).




Selain penyembelihan hewan kurban, ada satu kegiatan lain yang sangat meriah. Kegiatan tersebut adalah Ar-Rohmah Sate Festival (ASF). Kompetisi sate antar kelas yang sudah menjadi agenda rutin tiap tahunnya. Selain sebagai ajang kekompakan, kegiatan ini juga dapat menjadi sarana Irefreshing I para santri selama menuntut ilmu di pesantren.




Akhirnya seluruh kegiatan selama hari raya Idul Adha selesai sekitar pukul 13.00. Meskipun sangat padat dan melelahkan, seluruh santri dan asatidz terlihat sangat bahagia karena dapat membantu sesama dengan berkurban. Semoga amal dan kurban kita diterima oleh Allah SWT. (*dns)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By